TUGAS MIDLE
DOSEN PEMBIMBING
SEJARAH PERADABAN ISLAM WAHYUDI
RIFANI, M.PD.I
BIOGRAFI SAHABAT
SAMURAH BIN JUNDUB
OLEH :
Ahmad Athoillah
13.12.3153
JURUSAN TARBIYAH – PAI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
DARUSSALAM MARTAPURA
1435 H / 2014 M
SAMURAH BIN JUNDUB
A. Nama dan
Nasab beliau
Beliau adalah Samurah bin Jundub bin Hilal bin
Harij bin Murrah bin Hazn bin Amr bin Jabir bin Khasyin bin Luay bin Ashom bin
bin Syamakh bin Fazarah bin Dzabyan bin Baghidh bin Raits bin Ghathafan
Al-Fizary, kunyahnya Abu Sa’id/Abu Abdurrahman/Abu Abdillah atau Abu Sulaiman,
tinggal di kota Basrah.
Ketika kecil ia
dibawa ibunya ke kota Madinah dan dibesarkan di sana setelah ayahnya meninggal.
Kemudian ibunya menikah lagi dengan seorang dari Anshar yang bernama Muri bin
Sinan bin Tsa’labah. Ia tinggal bersama ayah tirinya sampai masa remaja. Beliau
tidak sempat menemui masa jahiliyah, dan bertemu dengan nabi ketika remaja.
B.
Pertemuan dengan Nabi SAW
Samurah bin Jundub RA masih belum dewasa ketika
terjadi perang Uhud. Ia bersama beberapa anak lainnya yang mempunyai
semangat juang tinggi untuk membela panji keislaman, dikeluarkan dari barisan
pasukan perang Uhud oleh Nabi SAW karena belum cukup umur. Tetapi
salah seorang di antaranya, Rafi bin Khadij, karena permintaan ayahnya
dibolehkan oleh Nabi SAW ikut karena ia mempunyai keahlian memanah, dan
menunjukkan kemampuannya di hadapan beliau.
Melihat dibolehkannya Rafi ikut bertempur, Samurah
berkata kepada ayah tirinya, Murrah bin Sinan RA, "Wahai ayah, Rafi
dibolehkan ikut berperang sementara saya tidak. Padahal saya lebih kuat
daripada Rafi. Kalau diadu tanding, pasti saya dapat mengalahkan Rafi.."
Melihat semangat yang
begitu menggebu dari anaknya ini, Murrah menyampaikan
hal ini pada Nabi SAW, beliaupun mengadakan adu kekuatan antara Rafi dan Samurah, dan ternyata Samurah
memenangkannya, sehingga ia pun dbolehkan
ikut serta dalam pertempuran di Uhud itu. Ketika itu Samurah berusia 15 tahun, sama seperti Rafi.
Berkata Al-Waqidi : “
dia (Samurah bin Jundub) adalah halif (tokoh) kaum Anshar.
Meriwayatkan Abdullah
bin Buraidah dari Samurah bin Jundub RA bahwasanya beliau berkata : Dahulu aku
di masa Rasulullah SAW masih anak-anak, maka aku menghafal hadits dari Beliau,
maka tidaklah menghalangiku dari menyampaikannya melainkan karena di sana masih ada sahabat
yang lebih tua dariku. Dan sungguh aku pernah mensolati bersama Nabi SAW akan
seorang mayit perempuan yang meninggal karena melahirkan, maka berdiri Beliau
mensolatkannya di tengah badannya.
Beliau ikut berperang
bersama Nabi SAW kecuali satu peperangan (Badr).
C. Sifat dan Perjalanan
Hidupnya
Beliau seorang
yang mempunyai sifat-sifat terpuji, diantaranya keberanian, tidak membiarkan
orang yang melakukan kesalahan, yang mana hal ini terlihat pada perlakuannya
dengan orang-orang khawarij.
Adalah kebiasaan Ziyad mengangkatnya sebagai pejabat sementara
di Basrah apabila ia pergi ke Kufah, dan mengangkatnya sebagai pejabat
sementara di Kufah apabila ia pergi ke Basrah. Dan kebiasaannya ia tinggal di
masing-masing kota selama 6 bulan.
Beliau ini sangat tegas
kepada Kaum Khawarij. Apabila dibawakan kehadapannya seorang Khawarij ia akan
membunuhnya. Beliau berkata : ini adalah seburuk-buruk orang yang terbunuh di
bawah kolong langit, mereka berani mengkafirkan kaum muslimin, dan menumpahkan
darah mereka. Orang-orang Haruriyah dan orang-orang yang fahamnya mendekati
madzhab mereka sangat mencela dan memusuhi beliau.
Dan adalah Ibnu Siriin,
Hasan Al-Basri dan tokoh-tokoh ulama
kota Basrah memuji kepadanya. Berkata Ibnu Siriin : Adalah Samurah itu orang
yang besar sifat amanahnya, sangat jujur.
D. Kontroversi
Kehidupannya
Samurah bin Jundub termasuk diantara sahabat nabi yang
dipertentangkan oleh kelompok Sunni dan Syi’ah hal ini dikarenakan beliau
pernah menjabat di lingkaran kekuasaan Bani Umayyah.
Imam ath Thabari melaporkan dalam Tarikh-nya,
tentang peristiwa-peristiwa tahun 50 H. dengan sanad bersambung kepada Muhammad
bin Sulaim, ia berkata,
‘Aku
bertanya kepada Anas bin Sirin, ‘Apakah Samurah pernah membunuh
seseorang?’ Ia menjawab, ‘Apakah dapat dihitung orang telah dibantai
Samurah bin Jundub? Ia ditunjuk menggantikan Ziyad memimpin kota Bashrah lalu
Ziyad pergi ke Kufah, sepulangnya dari Kufah, Samurah telah membunuh
delapan ribu orang Muslim. Lalu ditanyakan kepadanya, ‘Apakah
engkau tidak takut telah membunuh seseorang yang tidak layak engkau bunuh? Ia
menjawab, ‘Andai aku bunuh lagi sejumlah yang telah aku bunuh aku tidak
takut apapun!’
Ath Thabari juga melaporkan dari Abu al Aswad al
Adwi, ia berkata,
“Samurah telah
membunuh pada suatu pagi 47 (empat puluh
tujuh) orang yang telah menghafal Al Qur’an.”
E. Kewafatannya
Wafat beliau sebelum tahun 60 H. Ketika Samurah bin Jundub radhiyallahu 'anhu jatuh sakit, yang mana sakit itu
adalah salah satu penyebab wafatnya. Ia terkena rasa dingin yang sangat, maka
dihidupkan untuknya api, dibuatkan baginya tungku api di hadapannya, dan tungku
api di belakangnya, di saping kanan dan kirinya, akan tetapi hal itu tidak
bermanfaat untuknya, lalu ia (Samurah) berkata: "Bagaimana aku melakukan
sesuatu terhadap apa yang ada di dalam perutku", ia dalam kondisi seperti
itu, hingga ia wafat.
Berkata ibn
Abdil Bar : Ia terjatuh ke dalam kuali yang penuh air mendidih.
F. Hadits yang Berhubungan dengan Samurah bin
Jundub
Samurah bin
Jundub termasuk rawi hadits Imam Bukhari, meriwayatkan dari beliau oleh anaknya
Sulaiman, Abu Qilabah Al-Jarmi, Abdullah bin Buraidah, Abu Raja Al-Athoridi,
Abu Nadhroh Al-‘Abdi, Hasan Basri, Ibn Siriin dan yang lainnya.
Di riwayatkan oleh Imam Bukhari :
عن سمرة بن جندب: أن امرأة ماتت في بطن فصلى
عليها النبي فقام وسطها
Dari Samurah bin Jundub : “Bahwasanya seorang
perempuan meninggal dunia karena melahirkan, maka mensolati atasnya oleh Nabi
SAW maka ia berdiri di tengahnya” (berdiri sejajar ditengan badan mayit)
وعن سمرة بن جندب قال: قال
النبي : رأيت الليلة رجلين أتياني فأخرجاني إلى أرض مقدسة فانطلقنا حتى أتينا
على نهر من دم فيه رجل قائم وعلى وسط النهر رجل بين يديه حجارة فأقبل
الرجل الذي في النهر فإذا أراد الرجل أن يخرج رمى الرجل بحجر في فيه فرده حيث كان
فجعل كلما جاء ليخرج رمى في فيه بحجر فيرجع كما كان فقلت ما هذا؟. فقال الذي رأيته
في النهر آكل الربا.
Dan dari Samurah bin Jundub berkata ia : Telah bersabda Nabi SAW : “ Telah
melihat aku pada malam tadi dua laki-laki, maka mengeluarkan keduanya akan
diriku ke Tanah Suci (baitul maqdis), maka pergilah kami sehingga sampai kami
atas sungai dari darah di sana ada seorang laki-laki berdiri dan di tengah
sungai tadi ada seorang laki-laki lainnya, di hadapannya ada batu. Maka maju
oleh si laki-laki yang di tengah sungai itu, ketika ia hendak keluar laki-laki
satunya melemparnya dengan batu ke mulutnya maka mengembalikan ia akan dia ke
tempat semula. Maka jadilah tiap kali datang ia hendak keluar, melempar ia pada
mulutnya dengan batu, maka kembali ia sebagaimana semula. Maka aku (Nabi)
bertanya, kenapa orang ini? Maka ia menjawab : orang yang engkau lihat di tengah
sungai itu adalah orang yang makan
riba.”
عن
سمرة بن جندب، قال: كان النبي صلى الله عليه وسلم إذا صلى صلاة أقبل علينا بوجهه
فقال: «من رأى منكم الليلة رؤيا؟» قال: فإن رأى أحد قصها، فيقول: «ما شاء الله»
فسألنا يوما فقال: «هل رأى أحد منكم رؤيا؟» قلنا: لا، قال: «لكني رأيت الليلة
رجلين أتياني فأخذا بيدي، فأخرجاني إلى الأرض المقدسة، فإذا رجل جالس، ورجل قائم،
بيده كلوب من حديد» قال بعض أصحابنا عن موسى: " إنه يدخل ذلك الكلوب في شدقه
حتى يبلغ قفاه، ثم يفعل بشدقه الآخر مثل ذلك، ويلتئم شدقه هذا، فيعود فيصنع مثله، قلت:
ما هذا؟ قالا: انطلق، فانطلقنا حتى أتينا على رجل مضطجع على قفاه ورجل قائم على
رأسه بفهر - أو صخرة - فيشدخ به رأسه، فإذا ضربه تدهده الحجر، فانطلق إليه ليأخذه،
فلا يرجع إلى هذا حتى يلتئم رأسه وعاد رأسه كما هو، فعاد إليه، فضربه، قلت: من
هذا؟ قالا: انطلق فانطلقنا إلى ثقب مثل التنور، أعلاه ضيق وأسفله واسع يتوقد تحته
نارا، فإذا اقترب ارتفعوا حتى كاد أن يخرجوا، فإذا خمدت رجعوا فيها، وفيها رجال
ونساء عراة، فقلت: من هذا؟ قالا: انطلق، فانطلقنا حتى أتينا على نهر من دم فيه رجل
قائم على وسط النهر - قال يزيد، ووهب بن جرير: عن جرير بن حازم - وعلى شط النهر
رجل بين يديه حجارة، فأقبل الرجل الذي في النهر، فإذا أراد أن يخرج رمى الرجل بحجر
في فيه، فرده حيث كان، فجعل كلما جاء ليخرج رمى في فيه بحجر، فيرجع كما كان، فقلت:
ما هذا؟ قالا: انطلق، فانطلقنا حتى انتهينا إلى روضة خضراء، فيها شجرة عظيمة، وفي
أصلها شيخ وصبيان، وإذا رجل قريب من الشجرة بين يديه نار يوقدها، فصعدا بي في
الشجرة، وأدخلاني دارا لم أر قط أحسن منها، فيها رجال شيوخ وشباب، ونساء، وصبيان،
ثم أخرجاني منها فصعدا بي الشجرة، فأدخلاني دارا هي أحسن وأفضل فيها شيوخ، وشباب،
قلت: طوفتماني الليلة، فأخبراني عما رأيت، قالا: نعم، أما الذي رأيته يشق شدقه،
فكذاب يحدث بالكذبة، فتحمل عنه حتى تبلغ الآفاق، فيصنع به إلى يوم القيامة، والذي
رأيته يشدخ رأسه، فرجل علمه الله القرآن، فنام عنه بالليل ولم يعمل فيه بالنهار،
يفعل به إلى يوم القيامة، والذي رأيته في الثقب فهم الزناة، والذي رأيته في النهر
آكلوا الربا، والشيخ في أصل الشجرة إبراهيم عليه السلام، والصبيان، حوله، فأولاد
الناس والذي يوقد النار مالك خازن النار، والدار الأولى التي دخلت دار عامة
المؤمنين، وأما هذه الدار فدار الشهداء، وأنا جبريل، وهذا ميكائيل، فارفع رأسك،
فرفعت رأسي، فإذا فوقي مثل السحاب، قالا: ذاك منزلك، قلت: دعاني أدخل منزلي، قالا:
إنه بقي لك عمر لم تستكمله فلو استكملت أتيت منزلك "
Dari Samurah
bin Jundub radiyallahu
‘anhu ia menceritakan
bahwa pernah ketika Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam telah
selesai melaksanakan shalat subuh, beliau menghadap ke arah kami seraya
bersabda, “Siapa
di antara kalian yang bermimpi tadi malam?” Samurah melanjutkan
kisahnya, “Apabila ada seseorang di antara kami yang bermimpi, maka dia menceritakan
mimpinya, lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, ‘Sesuai kehendak Allah Subhanahu wa Ta’ala.’
Kemudian pada
suatu hari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya kepada kita, ‘Apakah ada di antara
kalian yang bermimpi?’ ‘Tidak ada,’ jawab kami. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Tadi malam aku bermimpi
didatangi dua lelaki. Keduanya memegang tanganku dan membawaku ke bumi yang
disucikan. Tiba-tiba aku menyaksikan ada seseorang yang duduk dan seorang lagi
berdiri. Di tangannya terdapat gancu dari besi. Dia memasukkannya ke tulang
rahang bawah temannya hingga tembus sampai ke tengkuk. Dan yang satunya juga
melakukan hal yang sama terhadap temannya. Lalu tulang rahangnya merapat
kembali seperti sedia kala. Kemudian dia melakukan lagi hal yang sama. Aku pun
bertanya, ‘Apa ini?’ Keduanya berkata, ‘Mari kita pergi!’
‘Kami pun
berjalan lagi hingga kami menjumpai seseorang yang berbaring pada tengkuknya
dan seseorang berdiri. Di atas kepalanya terdapat batu besar atau batu yang
memenuhi telapak tangan, lalu dia meremukkan kepala orang yang berbaring dengan
batu tersebut. Ketika batu tersebut dipukulkan ke kepala, maka batu tersebut
menggelinding, lalu dia bergegas mengambil batu tersebut. Belum sampai dia
kembali ke tempat semula, kepala yang remuk tadi pulih kembali seperti sedia
kala. Dia pun mengulangi lagi memukulkan batu tersebut. Aku pun bertanya, ‘Apa
ini?’ Keduanya berkata, ‘Mari kita pergi!’
‘Kami berjalan
menuju suatu kubangan semisal dapur api. Bagian atasnya sempit sedangkan bagian
bawahnya luas. Di bagian bawahnya dinyalakan api. Ternyata di dalamnya terdapat
laki-laki dan perempuan telanjang. Nyala api menghantam mereka dari bawah.
Ketika api telah dekat dengan mereka, maka mereka naik sehingga hampir herhasil
keluar. Ketika api padam, maka mereka kembali lagi. Aku bertanya, ‘Apa ini?’
Keduanya berkata, ‘Mari kita pergi!’
‘Kami
melanjutkan perjalanan hingga kami menjumpai sungai darah yang di dalamnya
terdapat seseorang yang berenang di tepi sungai tersebut ada seseorang yang di
hadapannya terdapat bebatuan. Dia menghadap ke arah orang yang ada di dalam
sungai. Apabila orang yang ada di dalam sungai hendak keluar dari sungai, maka
dia melempari orang tersebut dengan batu tepat pada mulutnya. Lalu dia kembali
ke tempat semula. Ketika dia hendak keluar lagi, maka dia dilempari batu tepat
pada mulutnya sehingga dia kembali ke tempat semula. Aku bertanya, ‘Apa ini?’
Keduanya berkata, ‘Mari kita pergi!’
‘Kami pun
pergi hingga kami sampai ke suatu taman hijau yang di dalamnya terdapat pohon
besar. Di bagian dasar pohon terdapat seorang kakek dan anak-anak. Sedang di
dekat pohon tersebut terdapat laki-laki yang menyalakan api di depannya. Lantas
keduanya membawaku naik ke atas pohon. Kemudian keduanya membawaku masuk ke
dalam rumah. Saya belum pernah melihat rumah yang lebih bagus dari rumah
tersebut. Di dalamnya terdapat kakek-kakek dan para pemuda. Kemudian keduanya
membawaku naik lagi dan memasukkanku ke dalam rumah yang lebih bagus dan lebih
utama.’
‘Saya berkata,
‘Kalian berdua telah mengajakku berkeliling malam ini. Tolong sampaikan
kepadaku mengenai hal-hal yang telah kulihat.’ Keduanya berkata, ‘Baiklah.
Orang yang kamu lihat tertembus tulang rahangnya ialah pembohong. Dia
menceritakan suatu kebohongan. Lalu kebohongan tersebut dibawa ke tempat lain
sehingga sampai ke penjuru daerah. Dia akan mengalami hal tersebut sampai hari
kiamat.’
‘Orang yang
engkau lihat diremukkan kepalanya ialah seseorang yang diberi pengetahuan oleh
Allah Subhanahu wa Ta’ala tentang Alquran, tetapi dia tidur
tanpa membacanya di malam hari dan dia tidak mengamalkannya di siang hari. Dia
akan diperlakukan seperti itu hingga hari kiamat.’
‘Orang yang
engkau lihat di dalam kubangan, mereka adalah para pezina. Sedangkan orang yang
engkau lihat di dalam sungai adalah pemakan riba. Seorang kakek yang ada di
dasar pohon ialah Nabi Ibrahim dan anak-anak di sekelilingnya ialah anak-anak
manusia. Sedangkan yang menyalakan api ialah Malaikat Malik, penjaga neraka
Jahannam. Rumah pertama ialah rumah kaum mukmin secara umum. Sedangkan rumah
ini ialah untuk orang-orang yang mati syahid. Saya adalah Jibril sedangkan ini
Mikail. Angkat kepalamu!’ Aku pun mendongakkan kepalaku, tiba-tiba ada istana
yang mirip gumpalan awan. Keduanya berkata, ‘Itulah tempatmu.’ ‘Tinggalkanlah
aku di sini biar aku masuk ke tempatku,’ kataku. Dia berkata, ‘Umurmu masih
tersisa. Engkau belum menyempurnakannya. Kalau engkau telah menyempurnakannya,
pastilah engkau dapat mendatangi tempatmu.”
وعنه قال: قال رسول الله لنا
أتاني الليلة آتيان فابتعثاني فانتهيا بي إلى مدينة مبنية بلبن ذهب ولبن فضة
فتلقانا رجال شطر من خلقهم كأحسن ما أنت راء وشطر كأقبح ما أنت راء قالا لهم
اذهبوا فقعوا في ذلك النهر فوقعوا فيه ثم رجعوا إلينا قد ذهب ذلك السوء عنهم
فصاروا في أحسن صورة قالا لي هذه جنة عدن وهذا منزلك قالا أما القوم الذين كانوا
شطر منهم حسن وشطر منهم قبيح فإنهم خلطوا عملا صالحا وآخر سيئا تجاوز الله عنهم
Dan dari beliau berkata ia : telah bersabda Rasulullah bagi kami : “ telah
datang kepadaku dua orang, maka membawa keduanya akan aku maka berakhir kami ke
satu kota yang terbuat dari bata-bata berbahan emas dan perak, maka menyambut
akan kami oleh beberapa laki-laki yang separu tubuhnya sepaling elok yang
pernah engkau lihat, dan separunya sepaling jelek barang yang engkau pernah lihat,
berkata keduanya kepada mereka : Pergilah kalian dan masuklah kedalam sungai
itu, maka masuklah mereka itu kedalamnya. Kemudian kembali mereka kepada kami
sungguh telah hilang dari mereka bagian jahatnya. Maka jadilah mereka itu
sepaling elok. Berkata keduanya : inilah surga ‘Adn, dan ini rumahmu. Berkata
keduanya : Adapun kaum yang separu mereka elok dan separunya jelek tadi, maka
mereka itu orang-orang yang mencampur adukkan amal baik dan jahat, Allah
memaafkan mereka.
وعنه عن النبي قال " لا تلاعنوا بلعنة الله
ولا بغضب الله ولا بالنار.
Dari beliau dari Nabi bersabda ia : “Janganlah kali melaknat dengan
laknatullah dan murka Allah dan jangan dengan api (neraka)”
Di dalam Sahih Muslim diriwayatkan :
عن ابن عباس: بلغ عمر (بن الخطاب) أن سمرة
بن جندب باع خمرا، فقال: قاتل الله سمرة، ألم يعلم أن رسول الله قال:(لعن الله اليهود، حرمت عليهم الشحوم، فجملوها فباعوها)
Diriwayatkan di dalam
Sahih Muslim dari Abdullah bin Abbas : Telah sampai kabar berita kepada Umar
bin Khattab bahwasanya Samurah bin Jundub menjual khamar, maka berkata ia :
semoga Allah memerangi Samurah, apakan tidak mengetahui ia bahwasanya
Rasulullah SAW telah bersabda : “Semoga Allah melaknat orang Yahudi, telah
diharamkan atas mereka gajih, maka mereka perindah lalu mereka jual akan dia”
Di riwayatkan
dalam suatu hadits :
عن أبي هريرة ، أن النبي -صلى الله عليه وسلم- قال لعشرة - في بيت - من أصحابه
: آخركم موتا في النار . فيهم سمرة بن جندب . قال أبو نضرة : فكان سمرة آخرهم موتا .
Dari Abu
Hurairah RA, bahwasanya Nabi SAW bersabda kepada 10 orang di dalam rumah dari
pada sahabatnya : “Yang penghabisan wafat diantara kalian yaitu di dalam api”
Di antara yang 10 tadi adalah Samurah bin Jundub. Berkata Abu Nadrah : maka
adalah Samurah yang terakhir wafat.
G. Pandangan Kaum Syi’ah Terhadap Beliau
Sebagian kaum
Syi’ah sebagaimana sikap mereka terhadap Sahabat Nabi yang lain, apabila pernah
terjadi konflik dengan Ahli Bait, maka keutamaan mereka sebagai sahabat Nabi
tidak diakui lagi oleh mereka. Seperti itulah yang terjadi pada Samurah bin
Jundub, beliau pernah menjadi bagian dari pemerintahan Bani Umayyah yang memang
menindas terhadap Ahli Bait. Maka oleh kaum Syi’ah Samurah bin Jundub ini tidak
diakui lagi sebagai Sahabat Nabi. Mereka berani mentakhsis hadits tentang
murtadnya sahabat yang lafadznya sangat umum kepada sebagian sahabat Nabi yang
dianggap memusuhi Ahli Bait. Ada pun bagi kita Ahlussunnah wal Jama’ah kita
tidak berani dengan gampang melepas status mereka yang nyata sebagai Sahabat,
dengan sebuah dugaan-dugaan. Biarlah Allah SWT yang menghakimi persoalan
pribadi mereka yang terjadi antara mereka itu.
Wallohu
a’lam..
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar