Minggu, 22 Juni 2014

Makalah Sejarah Peradaban Islam - Samurah Bin Jundub



TUGAS MIDLE                                                    DOSEN PEMBIMBING
SEJARAH PERADABAN ISLAM                                      WAHYUDI RIFANI, M.PD.I




BIOGRAFI SAHABAT


SAMURAH BIN JUNDUB



OLEH :
Ahmad Athoillah
13.12.3153


JURUSAN TARBIYAH – PAI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
DARUSSALAM MARTAPURA
1435 H / 2014 M

SAMURAH BIN JUNDUB

A.    Nama dan Nasab beliau

Beliau adalah Samurah bin Jundub bin Hilal bin Harij bin Murrah bin Hazn bin Amr bin Jabir bin Khasyin bin Luay bin Ashom bin bin Syamakh bin Fazarah bin Dzabyan bin Baghidh bin Raits bin Ghathafan Al-Fizary, kunyahnya Abu Sa’id/Abu Abdurrahman/Abu Abdillah atau Abu Sulaiman, tinggal di kota Basrah.
Ketika kecil ia dibawa ibunya ke kota Madinah dan dibesarkan di sana setelah ayahnya meninggal. Kemudian ibunya menikah lagi dengan seorang dari Anshar yang bernama Muri bin Sinan bin Tsa’labah. Ia tinggal bersama ayah tirinya sampai masa remaja. Beliau tidak sempat menemui masa jahiliyah, dan bertemu dengan nabi ketika remaja.

B.     Pertemuan dengan Nabi SAW

Samurah bin Jundub RA masih belum dewasa ketika terjadi perang Uhud. Ia bersama beberapa anak lainnya  yang mempunyai semangat juang tinggi untuk membela panji keislaman, dikeluarkan dari barisan pasukan perang  Uhud oleh Nabi SAW karena belum cukup umur. Tetapi salah seorang di antaranya, Rafi bin Khadij, karena permintaan ayahnya dibolehkan oleh Nabi SAW ikut karena ia mempunyai keahlian memanah, dan menunjukkan kemampuannya di hadapan beliau.
Melihat dibolehkannya Rafi ikut bertempur, Samurah berkata kepada ayah tirinya, Murrah bin Sinan RA, "Wahai ayah, Rafi dibolehkan ikut berperang sementara saya tidak. Padahal saya lebih kuat daripada Rafi. Kalau diadu tanding, pasti saya dapat mengalahkan Rafi.."
Melihat semangat yang begitu menggebu dari anaknya ini, Murrah menyampaikan hal ini pada Nabi SAW, beliaupun mengadakan adu kekuatan antara Rafi dan Samurah, dan ternyata Samurah memenangkannya, sehingga ia pun dbolehkan ikut serta dalam pertempuran di Uhud itu. Ketika itu Samurah berusia 15 tahun, sama seperti Rafi.
Berkata Al-Waqidi : “ dia (Samurah bin Jundub) adalah halif  (tokoh) kaum Anshar.
Meriwayatkan Abdullah bin Buraidah dari Samurah bin Jundub RA bahwasanya beliau berkata : Dahulu aku di masa Rasulullah SAW masih anak-anak, maka aku menghafal hadits dari Beliau, maka tidaklah menghalangiku dari menyampaikannya  melainkan karena di sana masih ada sahabat yang lebih tua dariku. Dan sungguh aku pernah mensolati bersama Nabi SAW akan seorang mayit perempuan yang meninggal karena melahirkan, maka berdiri Beliau mensolatkannya di tengah badannya.
Beliau ikut berperang bersama Nabi SAW kecuali satu peperangan (Badr).

C.     Sifat dan Perjalanan Hidupnya

Beliau seorang yang mempunyai sifat-sifat terpuji, diantaranya keberanian, tidak membiarkan orang yang melakukan kesalahan, yang mana hal ini terlihat pada perlakuannya dengan orang-orang khawarij. 
Adalah kebiasaan  Ziyad mengangkatnya sebagai pejabat sementara di Basrah apabila ia pergi ke Kufah, dan mengangkatnya sebagai pejabat sementara di Kufah apabila ia pergi ke Basrah. Dan kebiasaannya ia tinggal di masing-masing kota selama 6 bulan.
Beliau ini sangat tegas kepada Kaum Khawarij. Apabila dibawakan kehadapannya seorang Khawarij ia akan membunuhnya. Beliau berkata : ini adalah seburuk-buruk orang yang terbunuh di bawah kolong langit, mereka berani mengkafirkan kaum muslimin, dan menumpahkan darah mereka. Orang-orang Haruriyah dan orang-orang yang fahamnya mendekati madzhab mereka sangat mencela dan memusuhi beliau.
Dan adalah Ibnu Siriin, Hasan  Al-Basri dan tokoh-tokoh ulama kota Basrah memuji kepadanya. Berkata Ibnu Siriin : Adalah Samurah itu orang yang besar sifat amanahnya, sangat jujur.

D.    Kontroversi Kehidupannya

Samurah bin Jundub termasuk diantara sahabat nabi yang dipertentangkan oleh kelompok Sunni dan Syi’ah hal ini dikarenakan beliau pernah menjabat di lingkaran kekuasaan Bani Umayyah.
 Imam ath Thabari melaporkan dalam Tarikh-nya, tentang peristiwa-peristiwa tahun 50 H. dengan sanad bersambung kepada Muhammad bin Sulaim, ia berkata,
Aku bertanya kepada Anas bin Sirin, ‘Apakah Samurah pernah membunuh seseorang?’ Ia menjawab, ‘Apakah dapat dihitung orang telah dibantai Samurah bin Jundub? Ia ditunjuk menggantikan Ziyad memimpin kota Bashrah lalu Ziyad pergi ke Kufah, sepulangnya dari Kufah, Samurah telah membunuh delapan ribu orang Muslim. Lalu ditanyakan kepadanya, ‘Apakah engkau tidak takut telah membunuh seseorang yang tidak layak engkau bunuh? Ia menjawab, ‘Andai aku bunuh lagi sejumlah yang telah aku bunuh aku tidak takut apapun!’
Ath Thabari juga melaporkan dari Abu al Aswad al Adwi, ia berkata,
“Samurah telah membunuh  pada suatu pagi 47 (empat puluh tujuh) orang yang telah menghafal Al Qur’an.”

E.     Kewafatannya

Wafat beliau sebelum tahun 60 H. Ketika Samurah bin Jundub radhiyallahu 'anhu jatuh sakit, yang mana sakit itu adalah salah satu penyebab wafatnya. Ia terkena rasa dingin yang sangat, maka dihidupkan untuknya api, dibuatkan baginya tungku api di hadapannya, dan tungku api di belakangnya, di saping kanan dan kirinya, akan tetapi hal itu tidak bermanfaat untuknya, lalu ia (Samurah) berkata: "Bagaimana aku melakukan sesuatu terhadap apa yang ada di dalam perutku", ia dalam kondisi seperti itu, hingga ia wafat.
Berkata ibn Abdil Bar : Ia terjatuh ke dalam kuali yang penuh air mendidih.


F.      Hadits yang Berhubungan dengan Samurah bin Jundub
Samurah bin Jundub termasuk rawi hadits Imam Bukhari, meriwayatkan dari beliau oleh anaknya Sulaiman, Abu Qilabah Al-Jarmi, Abdullah bin Buraidah, Abu Raja Al-Athoridi, Abu Nadhroh Al-‘Abdi, Hasan Basri, Ibn Siriin dan yang lainnya.

Di riwayatkan oleh Imam Bukhari :

عن سمرة بن جندب: أن امرأة ماتت في بطن فصلى عليها النبي فقام وسطها
Dari Samurah bin Jundub : “Bahwasanya seorang perempuan meninggal dunia karena melahirkan, maka mensolati atasnya oleh Nabi SAW maka ia berdiri di tengahnya” (berdiri sejajar ditengan badan mayit)


وعن سمرة بن جندب قال: قال النبي : رأيت الليلة رجلين أتياني فأخرجاني إلى أرض مقدسة فانطلقنا حتى أتينا على نهر من دم فيه رجل قائم وعلى وسط النهر رجل بين يديه حجارة فأقبل الرجل الذي في النهر فإذا أراد الرجل أن يخرج رمى الرجل بحجر في فيه فرده حيث كان فجعل كلما جاء ليخرج رمى في فيه بحجر فيرجع كما كان فقلت ما هذا؟. فقال الذي رأيته في النهر آكل الربا.
Dan dari Samurah bin Jundub berkata ia : Telah bersabda Nabi SAW : “ Telah melihat aku pada malam tadi dua laki-laki, maka mengeluarkan keduanya akan diriku ke Tanah Suci (baitul maqdis), maka pergilah kami sehingga sampai kami atas sungai dari darah di sana ada seorang laki-laki berdiri dan di tengah sungai tadi ada seorang laki-laki lainnya, di hadapannya ada batu. Maka maju oleh si laki-laki yang di tengah sungai itu, ketika ia hendak keluar laki-laki satunya melemparnya dengan batu ke mulutnya maka mengembalikan ia akan dia ke tempat semula. Maka jadilah tiap kali datang ia hendak keluar, melempar ia pada mulutnya dengan batu, maka kembali ia sebagaimana semula. Maka aku (Nabi) bertanya, kenapa orang ini? Maka ia menjawab : orang yang engkau lihat di tengah sungai  itu adalah orang yang makan riba.”
عن سمرة بن جندب، قال: كان النبي صلى الله عليه وسلم إذا صلى صلاة أقبل علينا بوجهه فقال: «من رأى منكم الليلة رؤيا؟» قال: فإن رأى أحد قصها، فيقول: «ما شاء الله» فسألنا يوما فقال: «هل رأى أحد منكم رؤيا؟» قلنا: لا، قال: «لكني رأيت الليلة رجلين أتياني فأخذا بيدي، فأخرجاني إلى الأرض المقدسة، فإذا رجل جالس، ورجل قائم، بيده كلوب من حديد» قال بعض أصحابنا عن موسى: " إنه يدخل ذلك الكلوب في شدقه حتى يبلغ قفاه، ثم يفعل بشدقه الآخر مثل ذلك، ويلتئم شدقه هذا، فيعود فيصنع مثله، قلت: ما هذا؟ قالا: انطلق، فانطلقنا حتى أتينا على رجل مضطجع على قفاه ورجل قائم على رأسه بفهر - أو صخرة - فيشدخ به رأسه، فإذا ضربه تدهده الحجر، فانطلق إليه ليأخذه، فلا يرجع إلى هذا حتى يلتئم رأسه وعاد رأسه كما هو، فعاد إليه، فضربه، قلت: من هذا؟ قالا: انطلق فانطلقنا إلى ثقب مثل التنور، أعلاه ضيق وأسفله واسع يتوقد تحته نارا، فإذا اقترب ارتفعوا حتى كاد أن يخرجوا، فإذا خمدت رجعوا فيها، وفيها رجال ونساء عراة، فقلت: من هذا؟ قالا: انطلق، فانطلقنا حتى أتينا على نهر من دم فيه رجل قائم على وسط النهر - قال يزيد، ووهب بن جرير: عن جرير بن حازم - وعلى شط النهر رجل بين يديه حجارة، فأقبل الرجل الذي في النهر، فإذا أراد أن يخرج رمى الرجل بحجر في فيه، فرده حيث كان، فجعل كلما جاء ليخرج رمى في فيه بحجر، فيرجع كما كان، فقلت: ما هذا؟ قالا: انطلق، فانطلقنا حتى انتهينا إلى روضة خضراء، فيها شجرة عظيمة، وفي أصلها شيخ وصبيان، وإذا رجل قريب من الشجرة بين يديه نار يوقدها، فصعدا بي في الشجرة، وأدخلاني دارا لم أر قط أحسن منها، فيها رجال شيوخ وشباب، ونساء، وصبيان، ثم أخرجاني منها فصعدا بي الشجرة، فأدخلاني دارا هي أحسن وأفضل فيها شيوخ، وشباب، قلت: طوفتماني الليلة، فأخبراني عما رأيت، قالا: نعم، أما الذي رأيته يشق شدقه، فكذاب يحدث بالكذبة، فتحمل عنه حتى تبلغ الآفاق، فيصنع به إلى يوم القيامة، والذي رأيته يشدخ رأسه، فرجل علمه الله القرآن، فنام عنه بالليل ولم يعمل فيه بالنهار، يفعل به إلى يوم القيامة، والذي رأيته في الثقب فهم الزناة، والذي رأيته في النهر آكلوا الربا، والشيخ في أصل الشجرة إبراهيم عليه السلام، والصبيان، حوله، فأولاد الناس والذي يوقد النار مالك خازن النار، والدار الأولى التي دخلت دار عامة المؤمنين، وأما هذه الدار فدار الشهداء، وأنا جبريل، وهذا ميكائيل، فارفع رأسك، فرفعت رأسي، فإذا فوقي مثل السحاب، قالا: ذاك منزلك، قلت: دعاني أدخل منزلي، قالا: إنه بقي لك عمر لم تستكمله فلو استكملت أتيت منزلك "
Dari Samurah bin Jundub radiyallahu ‘anhu ia menceritakan bahwa pernah ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah selesai melaksanakan shalat subuh, beliau menghadap ke arah kami seraya bersabda, “Siapa di antara kalian yang bermimpi tadi malam?” Samurah   melanjutkan kisahnya, “Apabila ada seseorang di antara kami yang bermimpi, maka dia menceritakan mimpinya, lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, ‘Sesuai kehendak Allah Subhanahu wa Ta’ala.’
Kemudian pada suatu hari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya kepada kita, ‘Apakah ada di antara kalian yang bermimpi?’ ‘Tidak ada,’ jawab kami. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Tadi malam aku bermimpi didatangi dua lelaki. Keduanya memegang tanganku dan membawaku ke bumi yang disucikan. Tiba-tiba aku menyaksikan ada seseorang yang duduk dan seorang lagi berdiri. Di tangannya terdapat gancu dari besi. Dia memasukkannya ke tulang rahang bawah temannya hingga tembus sampai ke tengkuk. Dan yang satunya juga melakukan hal yang sama terhadap temannya. Lalu tulang rahangnya merapat kembali seperti sedia kala. Kemudian dia melakukan lagi hal yang sama. Aku pun bertanya, ‘Apa ini?’ Keduanya berkata, ‘Mari kita pergi!’
‘Kami pun berjalan lagi hingga kami menjumpai seseorang yang berbaring pada tengkuknya dan seseorang berdiri. Di atas kepalanya terdapat batu besar atau batu yang memenuhi telapak tangan, lalu dia meremukkan kepala orang yang berbaring dengan batu tersebut. Ketika batu tersebut dipukulkan ke kepala, maka batu tersebut menggelinding, lalu dia bergegas mengambil batu tersebut. Belum sampai dia kembali ke tempat semula, kepala yang remuk tadi pulih kembali seperti sedia kala. Dia pun mengulangi lagi memukulkan batu tersebut. Aku pun bertanya, ‘Apa ini?’ Keduanya berkata, ‘Mari kita pergi!’
‘Kami berjalan menuju suatu kubangan semisal dapur api. Bagian atasnya sempit sedangkan bagian bawahnya luas. Di bagian bawahnya dinyalakan api. Ternyata di dalamnya terdapat laki-laki dan perempuan telanjang. Nyala api menghantam mereka dari bawah. Ketika api telah dekat dengan mereka, maka mereka naik sehingga hampir herhasil keluar. Ketika api padam, maka mereka kembali lagi. Aku bertanya, ‘Apa ini?’ Keduanya berkata, ‘Mari kita pergi!’
‘Kami melanjutkan perjalanan hingga kami menjumpai sungai darah yang di dalamnya terdapat seseorang yang berenang di tepi sungai tersebut ada seseorang yang di hadapannya terdapat bebatuan. Dia menghadap ke arah orang yang ada di dalam sungai. Apabila orang yang ada di dalam sungai hendak keluar dari sungai, maka dia melempari orang tersebut dengan batu tepat pada mulutnya. Lalu dia kembali ke tempat semula. Ketika dia hendak keluar lagi, maka dia dilempari batu tepat pada mulutnya sehingga dia kembali ke tempat semula. Aku bertanya, ‘Apa ini?’ Keduanya berkata, ‘Mari kita pergi!’
‘Kami pun pergi hingga kami sampai ke suatu taman hijau yang di dalamnya terdapat pohon besar. Di bagian dasar pohon terdapat seorang kakek dan anak-anak. Sedang di dekat pohon tersebut terdapat laki-laki yang menyalakan api di depannya. Lantas keduanya membawaku naik ke atas pohon. Kemudian keduanya membawaku masuk ke dalam rumah. Saya belum pernah melihat rumah yang lebih bagus dari rumah tersebut. Di dalamnya terdapat kakek-kakek dan para pemuda. Kemudian keduanya membawaku naik lagi dan memasukkanku ke dalam rumah yang lebih bagus dan lebih utama.’
‘Saya berkata, ‘Kalian berdua telah mengajakku berkeliling malam ini. Tolong sampaikan kepadaku mengenai hal-hal yang telah kulihat.’ Keduanya berkata, ‘Baiklah. Orang yang kamu lihat tertembus tulang rahangnya ialah pembohong. Dia menceritakan suatu kebohongan. Lalu kebohongan tersebut dibawa ke tempat lain sehingga sampai ke penjuru daerah. Dia akan mengalami hal tersebut sampai hari kiamat.’
‘Orang yang engkau lihat diremukkan kepalanya ialah seseorang yang diberi pengetahuan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala tentang Alquran, tetapi dia tidur tanpa membacanya di malam hari dan dia tidak mengamalkannya di siang hari. Dia akan diperlakukan seperti itu hingga hari kiamat.’
‘Orang yang engkau lihat di dalam kubangan, mereka adalah para pezina. Sedangkan orang yang engkau lihat di dalam sungai adalah pemakan riba. Seorang kakek yang ada di dasar pohon ialah Nabi Ibrahim dan anak-anak di sekelilingnya ialah anak-anak manusia. Sedangkan yang menyalakan api ialah Malaikat Malik, penjaga neraka Jahannam. Rumah pertama ialah rumah kaum mukmin secara umum. Sedangkan rumah ini ialah untuk orang-orang yang mati syahid. Saya adalah Jibril sedangkan ini Mikail. Angkat kepalamu!’ Aku pun mendongakkan kepalaku, tiba-tiba ada istana yang mirip gumpalan awan. Keduanya berkata, ‘Itulah tempatmu.’ ‘Tinggalkanlah aku di sini biar aku masuk ke tempatku,’ kataku. Dia berkata, ‘Umurmu masih tersisa. Engkau belum menyempurnakannya. Kalau engkau telah menyempurnakannya, pastilah engkau dapat mendatangi tempatmu.”
وعنه قال: قال رسول الله لنا أتاني الليلة آتيان فابتعثاني فانتهيا بي إلى مدينة مبنية بلبن ذهب ولبن فضة فتلقانا رجال شطر من خلقهم كأحسن ما أنت راء وشطر كأقبح ما أنت راء قالا لهم اذهبوا فقعوا في ذلك النهر فوقعوا فيه ثم رجعوا إلينا قد ذهب ذلك السوء عنهم فصاروا في أحسن صورة قالا لي هذه جنة عدن وهذا منزلك قالا أما القوم الذين كانوا شطر منهم حسن وشطر منهم قبيح فإنهم خلطوا عملا صالحا وآخر سيئا تجاوز الله عنهم
Dan dari beliau berkata ia : telah bersabda Rasulullah bagi kami : “ telah datang kepadaku dua orang, maka membawa keduanya akan aku maka berakhir kami ke satu kota yang terbuat dari bata-bata berbahan emas dan perak, maka menyambut akan kami oleh beberapa laki-laki yang separu tubuhnya sepaling elok yang pernah engkau lihat, dan separunya sepaling jelek barang yang engkau pernah lihat, berkata keduanya kepada mereka : Pergilah kalian dan masuklah kedalam sungai itu, maka masuklah mereka itu kedalamnya. Kemudian kembali mereka kepada kami sungguh telah hilang dari mereka bagian jahatnya. Maka jadilah mereka itu sepaling elok. Berkata keduanya : inilah surga ‘Adn, dan ini rumahmu. Berkata keduanya : Adapun kaum yang separu mereka elok dan separunya jelek tadi, maka mereka itu orang-orang yang mencampur adukkan amal baik dan jahat, Allah memaafkan mereka.

وعنه عن النبي قال " لا تلاعنوا بلعنة الله ولا بغضب الله ولا بالنار.
Dari beliau dari Nabi bersabda ia : “Janganlah kali melaknat dengan laknatullah dan murka Allah dan jangan dengan api (neraka)”

Di dalam Sahih Muslim diriwayatkan :
عن ابن عباس: بلغ عمر (بن الخطاب) أن سمرة بن جندب باع خمرا، فقال: قاتل الله سمرة، ألم يعلم أن رسول الله قال:(لعن الله اليهود، حرمت عليهم الشحوم، فجملوها فباعوها)
Diriwayatkan di dalam Sahih Muslim dari Abdullah bin Abbas : Telah sampai kabar berita kepada Umar bin Khattab bahwasanya Samurah bin Jundub menjual khamar, maka berkata ia : semoga Allah memerangi Samurah, apakan tidak mengetahui ia bahwasanya Rasulullah SAW telah bersabda : “Semoga Allah melaknat orang Yahudi, telah diharamkan atas mereka gajih, maka mereka perindah lalu mereka jual akan dia”
Di riwayatkan dalam suatu hadits :
عن أبي هريرة ، أن النبي -صلى الله عليه وسلم- قال لعشرة - في بيت - من أصحابه : آخركم موتا في النار . فيهم سمرة بن جندب . قال أبو نضرة : فكان سمرة آخرهم موتا
Dari Abu Hurairah RA, bahwasanya Nabi SAW bersabda kepada 10 orang di dalam rumah dari pada sahabatnya : “Yang penghabisan wafat diantara kalian yaitu di dalam api” Di antara yang 10 tadi adalah Samurah bin Jundub. Berkata Abu Nadrah : maka adalah Samurah yang terakhir wafat.

G.    Pandangan Kaum Syi’ah Terhadap Beliau
Sebagian kaum Syi’ah sebagaimana sikap mereka terhadap Sahabat Nabi yang lain, apabila pernah terjadi konflik dengan Ahli Bait, maka keutamaan mereka sebagai sahabat Nabi tidak diakui lagi oleh mereka. Seperti itulah yang terjadi pada Samurah bin Jundub, beliau pernah menjadi bagian dari pemerintahan Bani Umayyah yang memang menindas terhadap Ahli Bait. Maka oleh kaum Syi’ah Samurah bin Jundub ini tidak diakui lagi sebagai Sahabat Nabi. Mereka berani mentakhsis hadits tentang murtadnya sahabat yang lafadznya sangat umum kepada sebagian sahabat Nabi yang dianggap memusuhi Ahli Bait. Ada pun bagi kita Ahlussunnah wal Jama’ah kita tidak berani dengan gampang melepas status mereka yang nyata sebagai Sahabat, dengan sebuah dugaan-dugaan. Biarlah Allah SWT yang menghakimi persoalan pribadi mereka yang terjadi antara mereka itu.
Wallohu a’lam..













DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar